Sabtu, 31 Maret 2012

Review: Syndicate (Every corporation has an agent)

Hey! Postingan pertama dari ex-review nih. Jadi, pertama kalinya ni kita berdua ngereview game pertama yang kita mainin saat ini tiada lain dan tiada bukan, dia adalah SYNDICATE !

Every corp has an agent ! Ya, begitulah, kata - kata yang dapat didengar sesuai pada trailer syndicate itu sendiri, dimana syndicate ini baru diluncurkan tepat pada tanggal 21 Februari 2012 untuk multi-platform, yaitu Playstation 3, XBOX 360, dan juga PC.

Game ini pun bertemakan FPS yang mengambil era masa depan dimana saat tahun 2069 persaingan yang tidak sehat muncul. (Wah jadi lagi sakit, perang dong ? ), semua organisasi ingin merebut pangsa pasar dimana terdapat 3 organisasi yakni Aspari, Eurocorp, Cayman Global yang memang sedang bertempur di game ini sendiri dengan tujuan mendominasi.

Memang, pertempuran diantara mereka bertiga sulit diredakan bahkan pemerintah pun tidak dapat meredekan ketegangan diantara ketiga belah pihak. Dalam game ini kita akan menjadi seorang agen dari organisasi eurocorp yang bernama "Miles Kilo" yang memang memiliki abillities dan skill yang sangat hebat, Wah ! Buktinya aja dalam game yang mempunyai sedikit unsur rpg yang sederhana ini menampilkan beberapa abilities yang saya ketahui (belum tamat soalnya) yakni, suicide, backfire dan persuade. Ketiganya memiliki kemampuan yang berbeda.

Suicide itu sendiri akan berpengaruh pada musuh untuk bunuh dirinya sendiri (jadi kaya ngontrol otaknya dari jauh), terus backfire mempengaruhi musuh untuk menembak ke lain arah, jadi kena deh dirinya sendiri, terus yg terakhir persuade yakni mempengaruhi lawan agar menembak kawannya dan terakhir yang pasti, dirinya sendiiri ! xixixi. Nah lho, darimana dong dia dapet kekuatan itu ? Masak ada petir nyambar langsung dapet skill kaya gitu ? Ga lah ! Semua abilities ini sendiri dia dapatkan berkat tekhnologi yang bernama "Dart 6" dimana tekhnologi itu sendiri berbentuk chip yang tertanam di kepala "Miles Kilo" sehingga disini kita mempunyai kekuatan yang dapat menghack segalanya dari jarak jauh.

Jujur, ketika saya (Ari) bermain syndicate ini sendiri saya memang terkejut karena game ini punya grafik yang mancap ! Memang saya kepikiran Deus Ex karena yang memang bertemakan masa depan, hanya saja dari segi grafik dan atmosphere jauh lebih baik menurut saya. Namun dari segi lighting masih agak berlebihan, terlihat dari adanya unsur lens flare nya.

Lalu, senjata nya yang memang sudah modern. Lalu yang saya sukai ketika mouse saya gerakkan ke bawah, kaki si player ini keliatan dengan jelas beserta jas yg dipakai, saat lari tangan terlihat jelas, dan pergerakan kamera saat sprint dan ganti senjata, bener2 real ! Di game ini kita juga bisa hack pesawat musuh kita dari jarak yg jauh sehingga kapal musuh menjadi teman kita,sehingga kapal tsb nembak temennya sendiri, yah ! Senjata makan tuan dund??? Epicnya lagi, combatnya lumayan seru, dari segi aiming gw kasih 9 deh ! soalnya aimingnya nyaman banget, lebih gampang aiming dibanding game lain (menurut saya), dan lebih akurat. Apalagi ada senjata yang peluru nya bisa belok ! (Wah kaya wanted aja nih)


Kalo kata orang sih, storyline nya lumayan rumit, tapi personally saya lebih memilih syndicate kalo dibandingin sama Deus Ex, (bukannya merendahkan Deus Ex, tapi selera orang beda2). Action2 nya yang saya juga suka, terutama animasi saat lompat dari box, ala F.E.A.R 3 ! Overall, that was good ! layak dimainkan. Namun kekurangan yg terlihat menonjol adalah saat cutscene nya yg ga bisa di skip, lalu setelah loading screen mesti pencet Enter bukan pake mouseclick.

O ia, selain dapat dimainkan pada mode singleplayer, kita juga dapat bermain Co-op max 4 players. Denger2 juga syndicate bukanlah nama baru di dunia game, nama game yang persis sama juga dirilis di PC tahun 1993. Electronic Arts bersama Starbreeze AB mampu membawa game ini kepada era yang semakin maju (kelihatan dari hologramnya).

"The Epic"
- Action memang sudah terlihat kompleks, hacking jarak jauh
- Gameplaynya menantang, ga gampang2 amat, AI nya juga bagus.
- Grafik yg sudah lumayan bagus untuk game buatan 2012
- Cover system nya bagus, gw suka.
- Aiming nya saya suka

"The Fail"
- Lighting berlebihan
- Sounds kurang baik, ketika berlari soundsnya kurang kedengeran
- Tidak ada option skip untuk cutscene
- Perlu pencet Enter ketika selesai loading, tidak dapat mouse-click

"The Verdict"
Storyline: bagus karena misi dari game ini memang sudah jelas dan ga ribet, story ga panjang2 amat.
Graphic: baik, namun lighting berlebihan
Gameplay: baik, AI nya juga lumayan, dan actionnya juga mantap

"Score"
8.0 ( 1 - 10)


0 komentar:

Posting Komentar